STRATEGI PQ4R

STRATEGI BELAJAR DENGAN PQ4R
            Salah satu model pembelajaran kontekstual yang mengajarkan bagaimana siswa belajar dengan benar terutama pada pengetahuan yang bersifat deklaratif dan pengetahuan prosedural adalah melalui model pembelajaran strategi-strategi belajar (Learning Strategy), dan jenis yang sering digunakan adalah metode PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflection, Review).

            Strategi PQ4R merupakan rangkaian inovasi dari pendekatan konstruktivis dalam belajar. Siswa diminta untuk mengeksplorasi kemampuannya membuat struktur berpikir sebelum membaca dengan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang menjadi acuan bagi siswa untuk menggali informasi yang dibutuhkan dari teks bacaan. Kemudian siswa secara mandiri membaca teks sembari mencari jawaban dari pertanyaan yang telah dibuatnya.
           
Materi pembelajaran yang cocok untuk metode PQ4R:

SK   2              : Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

KD 2.1            : Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui

                           adaptasi,  seleski alam, dan perkembangbiakan.

Tema              : Adaptasi dan Seleksi Alam

Penerapan Strategi Belajar PQ4R
Langkah – langkah :
1.      Preview
Baca selintas dengan cepat tugas membaca tersebut. Perhatikan judul-judul dan topik-topik utama, baca tinjauan umum (overview) dan rangkuman, dan ramalkan bacaan tersebut akan membahas tentang apa.

2.      Question
Dalami topik-topik dan judul-judul utama dan ajukan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan didalam bacaan tersebut.
3.      Read
Bacalah bahan tersebut. Berikan perhatian pada ide-ide utama dan carilah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada langkah 2.
4.      Refleks
Melakukan refleksi sambil membaca. Ciptakan gambaran visual dari bacaan. Cobalah untuk menghubungkan informasi baru didalam bacaan dengan apa yang telah anda ketahui.

5.      Recite
Setelah membaca, lakukan resitasi dengan menjawab dengan suara keras pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan tersebut tanpa membuka buku. Hafalkan daftar atau fakta-fakta penting lain yang terdapat didalam bacaan dengan suara keras atau suara pelan.
6.      Review
Review dengan mengulang kembali seluruh bacaan, baca ulang bila perlu, dan sekali lagi jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Langkah
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Preview
-      Guru menugaskan siswa untuk membuka buku siswa pada materi adaptasi dan seleksi alam.
-      Guru menyuruh siswa untuk membaca sepintas materi tersebut dan memperhatikan judul – judul serta topik – topik utama.
-      Guru menyuruh siswa meramalkan bacaan tersebut akan membahas tentang apa.
-   Siswa membaca sepintas materi tentang Adaptasi dan Seleksi Alam
-   Siswa memperhatikan judul-judul (Adaptasi dan Seleksi Alam) dan topik-topik utama (Adaptasi Morfologi, Fisiologi dan Tingkah Laku)
-   Siswa meramalkan bacaan tersebut akan membahas tentang apa.
Question
-      Guru menyuruh siswa mendalami topik-topik dan judul utama serta diharapkan siswa dapat mengajukan pertanyaan.

-     Siswa mendalami topik-topik dan judul-judul utama
-     Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan didalam bacaan tersebut. Misalnya:
Bagaimana contoh adaptasi tingkah laku pada hewan?
Read
-      Guru menyuruh siswa membaca materi secara keseluruhan.
-      Guru menyuruh siswa memperhatikan ide-ide utama dan mencari jawaban atas pertanyaan – pertanyaan yang telah diajukan tadi.
-      Siswa membaca bahan tersebut.
-      Siswa memperhatikan ide-ide utama dan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada langkah 2.
Reflect
-      Guru menyuruh siswa membayangkan (menciptakan gambaran visual) dari bacaan.
-     Siswa melakukan refleksi
-     Siswa menciptakan gambaran visual dari bacaan.
Misalnya :
Siswa membayangkan peristiwa mimikri yang di alami pada hewan bunglon.
-     Siswa mencoba menghubungkan informasi baru didalam bacaan dengan apa yang telah di ketahui sebelumnya.
Recite
-      Guru menyuruh siswa menjawab dengan suara keras pertanyaan - pertanyaan yang diajukan siswa tanpa membuka buku.
-     Setelah membaca, siswa melakukan resitasi dengan menjawab dengan suara keras pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa tersebut tanpa membuka buku.
Misalnya :
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara keras bahwa contoh adaptasi tingkah laku pada hewan yaitu, bunglon mengalami mimikri.
Review
-      Guru menyuruh siswa mereview materi yang telah dipelajari.
-      Guru menyuruh siswa untuk membaca kembali materi jika siswa belum memahami materi tersebut serta membuat pertanyaan dari materi yang belum mereka pahami.
-     Siswa mereview materi yang telah dipelajari tentang adpatasi dan seleksi alam, kemudian baca ulang jika perlu. Dan buat pertanyaan serta jawablah pertanyaan tersebut.
Misalnya:
Bagaimana akibat yang muncul dari hasil seleksi alam?
Jawab :

Proses penilaian dalam model pembelajaran strategi elaborasi metode PQ4R ini adalah penilaian berbasis kelas yang terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran yang terdiri dari beberapa tegihan seperti; kuis, pengamatan, dan fortofolio. Penilaian pengamatan dilaksanakan oleh siswa dan guru sedangkan penilaian fortofolio dilaksanakan oleh guru berdasarkan hasil karya siswa berupa tugas kelompok atau tugas individu. Penilaian hasil dilaksanakan dengan menggunakan tes tertulis pada akhir pelajaran bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar yang disyaratkan oleh kurikulum.

2 komentar:

Anis Zaqiyyatun N mengatakan...

wah bagus ya artikelnya mengupas tentang startegi PQ4R.. yang saya tanyakan apakah semua materi pelajaran dapat menggunakan strategi PQ4R?

Alifah Rose mengatakan...

trimakasih mb.Anis....
Menurut saya mata pelajaran yang cocok untuk pembelajaran GI adalah yang berkaitan tentang fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan dan sains teknologi seperti peristiwa global warming, kloning dll.

Posting Komentar